Info Kuliner

Inilah Beberapa Daerah di Mana Cilok Berasal

Taukah kamu darimana cilok berasal? Jajanan yang banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa ini sebenarnya berasal dari daerah Jawa Barat. Namun orang sering bingung dengan asal usul jajanan ini karena telah tersebar luas di seluruh Indonesia, terutama di Pulau Jawa.

Makanan yang terbuat dari tepung tapioka ini berbentuk bulat seperti bakso, dan bertekstur kenyal dengan dipadukan sambal kacang, saus cabai, dan kecap. Meski namanya sama, akan tetapi tiap daerah memiliki cita rasa dan cara penyajian cilok yang berbeda.

1. Cilok Bandung

Kalau mendengar daerah Jawa Barat, yang langsung terlintas di benak kita adalah Bandung. Bandung termasuk daerah penghasil cilok terbuat dari tepung tapioka / tepung bumbu dicampur dengan bawang putih dan rempah-remaph lain yang dihaluskan. Selain itu, ditambah juga dengan rebusan kaldu ke dalam adonan tepungnya.

Isinya sudah bervariasi, seperti ayam, sosis, telur puyuh, keju, dan sebagainya. Selain direbus, cilok bandung juga ada yang dibakar seperti sate. Kamu bisa menikmati cilok khas Bandung ini sambil bersantai dengan merogoh kocek sekitar Rp 5.000 – Rp 20.000 per porsi.

2. Cilok Goang Tasikmalaya

Di daerah Tasikmalaya juga sangat terkenal dengan Cilok Goangnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa cilok berasal dari kata aci dicolok. Sedangkan goang sendiri merupakan nama sambal khas Sunda yang terbuat dari cabe rawit (cengek) yang ditumbuk dan diberi sedikit garam. Tapi untuk saat ini, sambal tersebut sudah diberi tambahan berbagai jenis rempah.

Isi dari Cilok Goang tersebut adalah daging cincang, dan biasa disantap dengan kuah kaldu merah pedas, tahu, dan ceker ayam. kuahnya hampir sama seperti kuah bakso. Harga per porsinya mulai dari Rp 8.000 hingga Rp 12.000.

3. Cilok Boga Rasa Ciamis

Rupanya, di daerah tangerang juga memiliki cilok yang khas yakni Cilok Boga Rasa Ciamis. Sesuai dengan namanya, cilok ini banyak dijumpai di Ciamis, Tangerang Selatan, tepatnya berdekatan dengan kampus UIN dan UNPAM.

Cilok Boga Rasa paling enak jika disantap dalam keadaan hangat dengan bumbu sambal kacang, saus, kecap hingga bubuk lada. Tentunya rasanya sangat pedas dan panas di lidah, namun malah bikin ketagihan. Harganya sangat terjangkau yakni mulai dari Rp 5.000 per porsi.

4. Cilok Gajahan Yogyakarta

Cilok Gajahan merupakan salah satu jajanan cilok yang paling terkenal di seantero Yogyakarta. Namanya Gajahan berasal dari tempat jualan yang dulunya bekas kandang gajah milik keraton.

Pemilik cilok gajahan ini adalah Syahrul yang telah berjualan sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Kalau kamu jalan-jalan ke DIY, kamu bisa mampir ke Alun-alun Kidul (Alkid) tempat di mana cilok tersebut dijual. Meski di situ banyak sekali jenis cilok yang diperdagangkan, namun cilok gajahan tetap paling utama dihati penikmatnya. Sehingga kamu pun harus sabar untuk bisa membeli cilok khas Jogja ini.

Syahrul menjual cilok tersebut dengan dipadukan sambal yang terbuat dari cabai rawit segar, bawang merah, bawang putih, dan beberapa bumbu lain, serta kecap. Hal inilah yang membuat rasa Cilok Gajahan sangat khas dan disukai pelanggannya.

Itulah keempat daerah yang menjajakan cilok spesial yang sangat berbeda cara penyajiannya. Kamu tak akan pernah kecewa jika membeli cilok di keempat daerah itu. Dijamin puas dan pengin nambah.

Untuk diketahui, cilok biasanya terbuat dari bahan utama berupa tepung tapioka, namun tepung tersebut juga bisa diganti dengan tepung bumbu acine, tepung bakso, atau tepung serbaguna. Kamu bisa membuat cilok ini di rumah, karena cara pembuatannya dan bahan-bahannya sangat mudah untuk didapatkan. Untuk pemesanan tepung bumbu acine, kamu bisa menghubungi nomor WA berikut 087751812848.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *