Info Kuliner

6 Camilan Khas Tegal yang Bisa Dijadikan Oleh-oleh

Bila kamu sedang jalan-jalan melewati Jalur Pantura bagian Jawa Tengah, jangan lupa untuk mampir ke Tegal. Kota yang kental dengan kebudayaan bahari ini sangat terkenal dengan warungnya, yang biasa disebut Warteg (Warung Tegal).

Selain Warteg, ada sejumlah destinasi wisata pantai yang memukau yang bisa kamu kunjungi, seperti Pantai Purwahamba Indah, Pantai Alam Indah Tegal, Pantai Larangan, Pantai Muara Reja, dan wisata pantai lainnya. Tegal juga menawarkan banyak sekali camilan yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh yang khas untuk keluarga di rumah yang sayang sekali untuk dilewatkan.

Berikut 6 camilan khas Tegal yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh dan wajib kamu bawa pulang, di antaranya:

1. Tahu Aci

Pada tahun 2005, Tegal pernah memecahkan rekor MURI dalam kategori tahu terpanjang. Hal inilah yang membuat tahu aci khas Tegal semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia.

Keunikan dari tahu aci ini memiliki bentuk yang lebih gemuk dibanding tahu-tahu di daerah lain dan berbentuk segitiga siku-siku. Di bagian atasnya biasanya diberi tepung bumbu aci / tepung serbaguna / tepung bumbu / tepung bakso yang dicampur dengan irisan daun kucai.

Tahu aci ini bisa kamu dapatkan di daerah Slawi yang menawarkan tahu aci dalam bentuk mentah hingga matang.

Kalau ternyata sampai rumah keluargamu masih ketagihan untuk memakan tahu aci ini, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara membeli bahan utamanya yakni tahu segitiga dan tepung bumbu. Tepung bumbu khusus untuk tahu aci bisa kamu pesan di produsen tepung bumbu acine melalui nomor WA 087751812848.

2. Keripik Tahu

Masih dengan camilan khas Tegal berbahan dasar tahu. Keripik tahu tegal ini sering dijadikan sebagai lauk, atau sekadar untuk camilan saja. Keripik ini terbuat dari tahu kuning yang memiliki kepadatan yang tinggi sehingga tidak mudah hancur ketika dijadikan keripik.

Rasanya keripik pun sangat renyah, lembut, dan tidak meninggalkan cita rasa tahu di dalamnya. Hal ini terbukti di tahun 2000, keripik tahu khas Tegal berhasil mendapatkan penghargaan sebagai camilan sehat dalam acara Festival Makanan Jawa Tengah.

3. Pilus

Pilus khas tegal memiliki bentuk dan tekstur yang berbeda dari pilus biasa. Ukurannya sangat kecil, rasanya gurih, warnanya putih, dan ada sedikit campuran daun kucai di dalamnya. Hal ini yang membuat pilus Tegal disukai oleh banyak orang.

Camilan ini terbuat dari tepung kanji, daun kucai, tepung terigu, dan bumbu khusus, sehingga memunculkan cita rasa yang sangat khas. Pilus buatan pabrik ini dijual secara kiloan dengan harga sekitar Rp 25.000 – Rp 30.000 per kilonya. Sangat terjangkau, bukan?

4. Kerupuk Antor

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kerupuk ini. Kerupuk yang berbahan dasar singkong atau ubi kayu tersebut dicampur dengan bumbu pedas yang khas yang ditabur di bagian permukaannya. Kerupuk ini dikenal menyehatkan, karena tidak digoreng menggunakan minyak goreng tapi pakai pasir.

Kamu bisa berkunjung di daerah Harjosari, Ujungsari, Penarukan, dan Pagedangan, untuk bisa mendapatkan buah tangan kerupuk antor khas Tegal. Daerah tersebut merupakan tempat yang dikenal sebagai produsen kerupuk antor.

5. Kacang Bogares

Kacang Bogares berasal dari daerah Bogares, Tegal yang saat ini sudah sangat terkenal sebagai oleh-oleh yang banyak diminati wisatawan. Tak heran jika warga Bogares menjadikan produksi kacang ini sebagai mata pencahariannya.

Proses pembuatan kacang ini digoreng dengan menggunakan pasir dalam wajan yang dipanaskan di atas kayu bakar. Kacang Bogares ini juga dicampur dengan garam, sehingga memiliki rasa yang gurih dan renyah.

6. Laktopia

Tak lengkap jika hanya membawa oleh-oleh yang rasanya gurih saja, kamu juga bisa mendapatkan oleh-oleh khas Tegal yang manis, yakni Laktopia.

Sekilas, makanan ini mirip dengan bakpia khas Jogja, namun ukurannya lebih besar dan berbentuk kubus. Selain itu, rasanya juga lebih gurih dan renyah dibanding bakpia Jogja.

Isi laktopia ini sangat beragam, mulai dari isi coklat, susu manis, keju, kacang hijau, ketan hitam, hingga durian. Oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan di toko yang menjual buah tangan khas Tegal di pinggir jalan raya.

Demikian ulasan singkat mengenai 6 camilan khas Tegal yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Di samping mencari oleh-oleh tersebut, kamu juga bisa mencicipi kuliner khas Tegal lainnya seperti gulali, kupat glebed, blendung, lontong cap go meh, es lontrong, rujak teplak, nasi ponggol, rujak krupuk mie, nasi langgi, nasi bogana, glotak, nasi lengko, dan masih banyak lagi kuliner lainnya.

Happy Traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *